Beranda Uncategorized Kepala Pekon Sinarsemendo Buka Musrenbang Pekon Tahun 2023

Kepala Pekon Sinarsemendo Buka Musrenbang Pekon Tahun 2023

24
0

Galaksinwss com ,Talangpadang- Kepala Pekon Sinarsemendo, Kecamatan Talangpadang Yulistina Heryanti, S. Pd., buka pelaksanaan kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat pekon tahun 2023, Rabu (18/01/2023).

Dalam penyampaian pada kegiatan yang dipusatkan di balai pekon setempat, Yulistina Heryanti mengatakan, pemerintahan Pekon Sinarsemendo telah melaksanakan tahapan penyusunan untuk dana desa (DD).

“Sebelumnya kami sudah melaksanakan semua tahapan dalam penyusunan Alokasi Pendapatan dan Belanja Pekon (APBP) atau APBDes, tahun anggaran 2023, mulai dari Musyawarah Dusun (Musdus), RAKP, persentasi APBP, hingga penetapan APBP,” kata Ibu Kakon Sinarsemendo.

Dan dikumpulkannya masyarakat hari ini lanjut Kepala Pekon yang juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD kabupaten Tanggamus ini, adalah memusyawarahkan kegiatan skala prioritas yang akan di usulkan ke Pemerintah Daerah maupun pusat.

“Jadi mari kita rumuskan bersama apapun yang akan kita usulkan di anggaran APBD dan APBN tahun 2023 ini, sementara untuk usulan (masyarakat) kita, di tahun 2021 lalu telah terealisasi di tahun 2022 kemarin seperti, pembangunan draenase di dusun II sampai ke dusun I. Namun, ada beberapa usulan kita yang belum terakomodir, seperti pengajuan bronjong di tebing sungai belakang kantor veteran, akan kembali kita usulkan, kemudian pengajuan-pengajuan lain nya yang akan kita bahas bersama,” jelas Yulistina Heryanti.

Sementara itu, Camat Talangpadang Agustam Hamied, dalam sambutan yang disampaikan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ubaidillah, S.E., menerangkan dalam Musrenbang tidak membahas dana desa, tapi fokus pada usulan masyarakat untuk ke Kabupaten, Provinsi hingga pusat.

“Anggaran yang akan di gunakan pemerintah dalam membangun desa-desa di pengajuan Musrenbang ini sumber dana nya APBN atau APBD, jadi tidak terkait dengan ADD. Mengingat di tahun 2020, 2021, 2022, terkendala Covid-19 mudah mudahan tahun 2023 ini, apa yang kita usul kan bisa terealisasi. Jadi nanti apa yang akan di ajukan harus lengkap, seperti ukuran, volume dan lain lainnya,” katanya.

Ubaidillah juga menjelaskan, proses Musrenbang ini sebagai acuan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di tahun mendatang,” nanti, setelah dari Pekon, hasilnya akan kami bahas di tingkat kecamatan, kemudian akan dibawa pak camat untuk dibahas dalam Musrenbang tingkat kabupaten. Harapan kami, usulan jangan hanya terfokus pada infrastruktur saja, tapi usulkan pula terkait pemberdayaan,” harap nya.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut, Kepala Pekon Sinarsemendo Yulistina Heryanti, S. Pd., beserta jajaran, Sekcam Talangpadang Ubaidillah, SE., Kasi Pembangunan Kecamatan Sri Ordanella, Babinsa Nazwardi, BHP, perwakilan Kacabjari Talangpadang Wahyu, perwakilan dari SDN 1 dan 2 Sinarsemendo, KUA Talangpadang dan ketua Badan Usaha milik Desa (Bumdes) Habibullah, serta tokoh masyarakat.( Kurdi)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here