Beranda Uncategorized Indra Jaya Sebut, Bangunan Yang Melanggar Tata Ruang dan DAS HARUS DI...

Indra Jaya Sebut, Bangunan Yang Melanggar Tata Ruang dan DAS HARUS DI BONGKAR !!!

255
0

Galaksinewss.com,Metro – Mengenai perizinan yang dikantongi pihak pengelola Taman Edukasi Kota Metro, telah diterbitkan Pemerintah setempat melalui PTSP atas sesuai advice plan dan persetujuan TKPRD teknis Dinas PUTR setempat, patut di pertanyakan dan di tinjau kembali.

Menanggapi hal perizinan bangunan taman edukasi Kota Metro, diduga ada pelanggaran tata ruang perkotaan dan DAS dalam perkotaan serta dugaan Mal Administrasi dokumen syarat perizinan, anggota DPRD Kota Metro, Indra Jaya, dengan tegas mengatakan, jika pelanggaran itu jelas adanya, maka bangunan yang melanggar tata ruang dan DAS dalam perkotaan dalam taman edukasi, harus di bongkar.

Dan pihaknya akan turun ke lokasi guna mengkroscek langsung kondisi sebenarnya dipadukan dengan data dokumen yang telah ada sementara ini.

“Jika terdapat pelanggaran atas tata ruang dan DAS dalam perkotaan, bongkar. Sudah jelas ada peraturannya, apa lagi sampai mengubag daerah aliran sungai dan ada bangunan diatasnya, jelas melanggar,”tegas Indra Jaya diruang kerjanya. Selasa, 31 Agustus 2021.

Masih kata Indra Jaya, terkait hal ini pihaknya juga akan memanggil pihak perizinan serta pihak terkait, guna mengetahui ke absahan perizinan yang diterbitkan.

Tentu juga pihaknya akan kroscek langsung lokasi taman edukasi. Sebab diketahui ada beberapa izin didalamnya dan juga lokasinya berbeda wilayah kelurahan yakni Yosorejo dan Iringmulyo.

“Pada prinsipnya, fungsi DAS sudah jelas dan tidak boleh ada bangunan diatas DAS serta mengubah fungsi DAS. Misal DAS lebar 2,5 Meter, karena ada bangunan menjadi 1,5 Meter, itu sudah pelanggaran. Siapa yang menyetujuinya,” ungkap Indra Jaya.

Sebagaimana hasil indep reportase atau pendalaman informasi tim media bahwa, terjadi dugaan praktek mal administrasi dokumen syarat kelengkapan perizinan mendirikan sebuah bangunan.

Pertama, advice plan yang dikeluarkan berdasarkan rekomendasi persetujuan TKPRD melalui pihak Dinas PUTR, beralamatkan Jalan Tiram, Metro Timur. Sementara, bangunan taman edukasi berada di Jalan Gunung Lawu, kelurahan Yosorejo.

Kedua, dokumen persetujuan warga dalam advice plan bukan tandatangan warga sekitar terdampak bangunan dan telah dibenarkan oleh Ketua RT 35 RW 09 sebelumnya.

Selanjutnya, dokumen perizinan berupa IMB yang diterbitkan menjadi satu kesatuan luasan bangunan dengan izin bangunan 1 lantai taman rekreasi keluarga.

Sementara, letak bangunan taman edukasi terpisah dengan bentangan DAS. Sisi sebelah utara masuk Kelurahan Yosorejo dan sisi sebelah selatan masuk kelurahan Iringmulyo.

Dan item perizinan diantaranya izin bangunan 1 lantai, izin rekreasi edukasi, izin kolam renang, izin resto.

Terlebih, ada dugaan pelanggaran tata ruang dan DAS dalam perkotaan. Maka, sudah seharusnya perizinan berupa IMB Bangunan Taman Edukasi yang diterbitkan pada Juli 2021 lalu, di evaluasi dan di cabut.

Sejauh ini, pihak pihak terkait belum mau menjelaskan diterbitkan perizinan IMB bangunan taman edukasi tersebut. (Tim)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here