Beranda Lampung Festival Sekala Bekhak Akan Tetap Dilaksanakan Secara Virtual

Festival Sekala Bekhak Akan Tetap Dilaksanakan Secara Virtual

398
0

Galaksi Newss.com,Lampung barat-Festival sekala bekhak 7 rangkaian rencananya akan segera dimulai pada Minggu pertama September dan puncaknya akhir November nanti,
Semua kegiatan akan digelar dengan sederhana namun akan tetap meriah.
Sabtu. (28/08).

Dihelat secara vitural yakni, peserta akan mengirim karya dan seni akan diunggah pada chenel YouTube @pariwisata Lampung barat, dari beberapa content acara seni budaya orkes gambus dan budaya nyambai akan ikut memeriahkan kegiatan dua ini.

Kepala bidang Pemasaran pariwisata (Kabid) Endang Guntoro,S.H,M.M., mengatakan dua seni tradisi adalah yang paling ditunggu masyarakat Bumi sekala Bekhak, apa lagi dimasa pandemi ini, kedua kegiatan ini susah digelar yang biasanya menjadi hiburan pada nayuh, namun dua tahun terakhir dilarang untuk dihelat guna memutus mata rantai Covid-19.

Lajut Kabid, Orkes gambus dan nyambai akan dimulai rangkaiannya, teknisnya peserta mengirim karya dan akan diunggah di YouTube, sifatnya hanya pagelaran tanpa mengambil juara atau penampilan terbaik, jadi bentuknya pagelaran saja tanpa juara, peserta akan diberi biyaya produksi karya sesuai kemampuan panitia dan untuk peserta dibatasi hanya 50 peserta saja,”paparnya.

Masing-masing peserta akan diberi waktu 2 lagu diantaranya 1 lagu dengan irama segara/nyambai atau lagu ciptaan sendiri, namun dengan lirik lagunya yang mengangkat PITU PROGRAM dan 3 komitmen Bupati dan wakil bupati Lampung barat.

Lagu pilihan yang ditetapkan oleh panitia (ada 6 pilihan lagu) jadi masing-masing peserta menampilkan 2 karya lagu dan untuk satu sanggar/grup hanya boleh mengirimkan 1 grup sebagai perwakilan, tidak boleh mengirimkan Grup A, Grup B dan seterusnya seperti tahun lalu.

Peserta ditantang untuk berkreasi dengan membuat lirik lagu dengan mengambil tema Pitu program dan 3 komitmen, hal ini dalam rangka dalam mensosialisasikan, program dan komitmen Bupati dan wakil Bupati Lampung barat kepada masyarakat melalui seni budaya.

 

Festival acara bisa berjalan dengan lancar dan menjadi pemantik untuk lahirnya karya-karya baru bagi para penggiat seni budaya pertunjukan yang merupakan, bagian dari sektor ekonomi kreatif, pada akhirnya sektor ini nanti akan mendatangkan pendapatan bagi para pelakunya disamping merupakan hobi dan sajian antraksi,” pungkas Endang Guntoro.
(Dika/Nia)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here