Beranda Lampung Lambar Genjot Produksi Kopi

Lambar Genjot Produksi Kopi

93
0

Lambar, SMSI – Kabupaten Lampung Barat merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani kopi.

Ribuan hektar kebun kopi milik warga terhampar luas disepanjang jalan poros nasional. Tak heran bila kabupaten tersebut memiliki julukan surganya para pencinta kopi.

Sdmenjak kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus yang memiliki jiwa muda, enerjik, dan merakyat, banyak kemajuan dan perkembangan di kabupaten tersebut. Salah satunya berdirinya sekolah kopi, serta program uggulan yang pro rakyat.

Dimasa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Bupati Parosil Mabsus selalu terus memberikan dorongan, spirit, kepada para petani untuk tetap semangat, berkarya, membangun negeri ini melalui sektor pertanian.

Salsh satu kebun kopi unggulan yakni milik Badri, warga Mulya Asri Pekon Padang Tambak, Kecamatan Way Tenong. Lahan seluas dua hektare tersebut mampu memproduksi kurang lebih enam ton biji kopi kering.

“Ini sebuah prestasi yang luar biasa saat keadaan serta iklim yang tidak menentu seperti saat ini,” kata Parosil Mabsus saat mengunjungi kebun tersebut, Sabtu (29/5).

Menurutnya, apa yang dilakukan Badri harus menjadi motivasi bagi para petani kopi lainya. Dengan perawatan dan pengolahan yang banyak berbahan dasar organik membuat kopi di kebun tersebut memiliki produktifitas yang baik.

“Dan disini bukan hanya ada tanaman kopi saja, tetapi ada tanaman lain seperti pisang dan lainya. Program ketahanan pangan yang selama ini digalakkan benar benar berjalan di masyarakat Lampung Barat,” tandasnya. (Dika/Nia)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here