Beranda Kota Metro Petani Metro Dilatih Penangkar Benih dan Teknologi Semai Kering

Petani Metro Dilatih Penangkar Benih dan Teknologi Semai Kering

136
0

METRO – Pemerintah Kota Metro bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi melaksanakan pelatihan petani penangkar benih dan teknologi semai kering di Bumi Perkemahan Sumbersari, Metro Selatan, Kamis (22/4).

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang ada, mengingat lahan pertanian di Kota Metro yang terbatas. Dengan begitu, masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang ada dengan maksimal dengan teknik semai kering menggunakan IP400 dari provinsi.

“Progam pelatihan ini bertujuan agar masyarakat khusunya petani dan lebih memanfaatkan lahan mengingat lahan pertanian di Kota Metro ini dapat dibilang sedikit dengan adanya pengalihan fungsi lahan itu sendiri. Dengan pelatihan teknih semai kering menggunakan IP400 ini saya berharap pemanfaatan lahan dapat lebih optimal dengan hasil panen yang sesuai harapan yaitu 150 ton permasa panen,” kata dia.

Sekretaris Dinas Ketahanan Provinsi Lampung, Halimahtussyakdiah menuturkan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dengan program IP400 ini diharapkan dapat panen empat kali dalam setahun.

Kegiatan pelatihan dilakukan pada empat kabupaten dan kota, dengan peserta yang sudah mencapai 180 peserta seluruh Provinsi Lampung.

“Pelatihan yang dilakukan di empat kabupaten dan kota yaitu Tanggamus, Mesuji, Way Kanan, dan Kota Metro sendiri yang ditunjuk melaksanakan progran IP400. Harapanya dengan adanya pelatihan program IP400 dapat membantu peningkatan ekonomi dari para petani sendiri karna dengan program ini diharapkan dapat empat masa panen pertahun. Program dengan cara semai kering maupun semai culik yang dapat meningkatkan produksi, program dengan 180 seluruh provinsi dengan peserta sendiri di Kota Metro yang sebanyak 60 orang dengan empat pembimbing, pelatihan imi menggunakan anggaran APBD,” imbuhnya. (Sal/Nia)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here