Beranda Kota Metro Umar Ahmad Nahkodai DPD HKTI Provinsi Lampung

Umar Ahmad Nahkodai DPD HKTI Provinsi Lampung

108
0

Tulang Bawang Barat – Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung periode 2021-2026.

Hal ini, berdasarkan musyawarah provinsi (Musprov) yang dilaksanakan oleh pengurus DPP HKTI dan DPD serta seluruh DPC se – Provinsi Lampung. Umar Ahmad disepakati 15 kabupaten dam kota se-provinsi Lampung menjadi ketua DPD HKTI.

Dalama sambutannya, mantan Ketua DPD HKTI Lampung, Bachtiar Basri mengapresiasi terselenggaranya Musprov yang pertama seluruh Indonesia setelah munas.

“Nantinya akan menghasilkan suatu kepengurusan yang lebih baik lagi, program kerja yang baik dan lebih fokus pada bagaimana kesejahteraan petani melalui mitra HKTI,  mari kita melakukan yang terbaik untuk HKTI ini, karena ini tugas yang mulia bagaimana kemajuan Sektor pertanian Indonesia khususnya di Provinsi Lampung ini,” kata Bachtiar Basri.

Dengan terselenggaranya musprov ini, Bachtiar Basri juga berharap dapat melahirkan pemimpin yang dinamis, muda energik, lebih semuanya. Karena ia berprinsip bahwa orang lain lebih baik darinya.

Gubernur Lampung yang diwakili asisten 1 bidang pembangunan Ediyanto mengatakan, HKTI memiliki bagian pemberdayaan masyarakat Lampung basis ekonominya pertanian.

“Pemprov Lampung lebih dari 80 persen perekonomiannya dari sektor pertanian, Kopi kita terbesar kedua setelah Palembang, Lampung penyumbang padi urutan ke 5 terbesar di Indonesia, kemudian jagung, tebu,” papar Ediyanto.

Gubernur Lampung memiliki program besar yaitu Kartu Petani Berjaya, namun masih ada beberapa hambatan, sehingga potensi permodalan yang tidak bisa dijangkau oleh petani dan Sertifikat hak atas lahan pertanian juga menjadi program untuk jaminan Kredit Usaha Rakyat.

“Pemprov Lampung tentunya tidak dapat menjangkau secara langsung ini semua, maka diperlukan perpanjangan tangan seperti HKTI ini. Untuk itu, pesan Pak Gubernur Lampung berharap dukungan dan campur tangan HKTI dalam rangka mensukseskan program-program Pemprov Lampung ini,” imbuhnya.

Sementara Umar Ahmad yang terpilih sebagai ketua DPD HKTI Provinsi Lampung mengatakan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan pihak terkait untuk kemajuan HKTI dan petani.

“Saya akan pertimbangkan apa saja yang menjadi masukan baik dari DPP DPC. Dan itu akan kita tindaklanjuti dengan melakukan konsolidasi dalam waktu satu setengah tahun. Tentunya konsolidasi ini tidak akan berjalan baik jika tidak ada kebersamaan pengurus DPC HKTI,” kata Umar Ahmad.

Ia berharap pada Bachtiar Basri dapat mendirikan padepokan motivator untuk dijadikan motivasi kerja HKTI kedepan lebih baik. Dirinya juga akan memperjuangkan harga singkong dan karet agar pihak pengusaha dapat melakukan pembelian demi memperjuangkan masyarakat petani.

“HKTI dengan bantuan DPP nanti dapat turut mendorong meningkatkan harga penjualan singkong petani, Bagaimana kita meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian di Lampung,” tambahnya. (*/Nia)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here