Beranda Kota Metro Petani Keluhkan Pupuk Sulit, Kepala DKP3 : Besok Sudah Tersedia

Petani Keluhkan Pupuk Sulit, Kepala DKP3 : Besok Sudah Tersedia

103
0

METRO – Dinas Ketahanan Pengan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro memastikan besok (Rabu,red) petani di Kota Metro bisa mendapatkan pupuk bersubsidi.

Kepala DKP3 Metro, Heri Wiratno menjelaskan, pupuk yang diberikan untuk petani memang tidak selalu ada setiap hari. Karena itu, petani terkadang susah mendapatkan pupuk.

“Untuk sekarang memang belum turun. Tapi besok sudah ada, jadi petani bisa langsung menebus ke masing-masing kelompok,” jelas dia, Selasa (2/2).

Dikatakanya, pupuk bersubsidi hanya untuk kelompok tani yang sudah terdaftar di RDKK. Namun, petani yang tidak tergabung dikelompok bisa membeli pupuk dengan harga yang sedikit lebih mahal.

“Seperti yang kita tahu 134 kelompok tani dan 5924 petani itu yang masuk dalam data kami, karena itu sesuai dengan kuota pusat dari jumlah lahan dan sebagainya. Untuk petani yang tidak tergabung dikelompok bisa menebus di pengecer,” katanya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk kuota pupuk bersubsidi di Kota Metro tahun 2021 ini sebanyak 2282 ton yang terdiri dari pupuk urea, SP-36, NPK, ZA dan organik.

“Harga yang harus ditebus oleh petani adalah urea Rp. 2.250/kg, ZA Rp. 1.700/kg , SP-36 Rp. 2.400/kg, NPK Rp. 2.300/kg, Organik Rp. 800/kg itu harga dari pemkot dan untuk petani dapat mengambilnya dikios atau melalui kelompok tani sendiri,” imbuhnya. (Sal/Nia)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here