Beranda Kota Metro Pemkot Metro Terkesan Tertutup Soal Informasi COVID-19

Pemkot Metro Terkesan Tertutup Soal Informasi COVID-19

116
0

METRO – Dalam penanganan pencegahan penyebaran wabah virus COVID-19 tidak terlepas peran penting dari para awak media baik online, cetak maupun televisi untuk memberikan informasi ke masyarakat tentang penanganan dan perkembangan virus tersebut khususnya di Kota Metro.

Hal itu juga dipertegas oleh aturan yang dibuat Pemerintah Pusat melalui Surat Edaran Kementrian Kesehatan RI Nomor. HK.02.01/MENKES/199/2020 Tentang Komunikasi Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid19).
Yang disebutkan di beberapa poin antara lain :

Pemberian Akses Informasi Ke Media Memberikan Akses Kepada Media Untuk   Mengetahui Informasi Terkini Mengenai Virus

Ketika Ketemu Media, Berikan Informasi Sejelas – Jelasnya Kepada Publik

 Jubir Harus Bisa Ditemui dan Bisa Dihubungi Setiap Saat
Menyiapkan Anggaran Komunikasi
Identifikasi Media – Media Kunci Yang Digunakan, Siapkan Daftar Jurnalis Dan Bangun Hubungan Baik Dengan Para Jurnalis Dengan Menyediakan Informasi Berkala Mengenai Semua Perkembangan.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan COVID -19 Kota Metro, Nasir AT, tetapi belum bisa ditemui karena Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kota Metro tidak ada ditempat.

Ditempat berbeda, jurnalis Kota Metro juga mengatakan bahwa, “Untuk mendapatkan informasi tentang penanganan COVID-19 di Kota Metro terkesan sulit dan tertutup, hal itu dibuktikan dengan jarang dilakukannya Konfrensi Pers ke pada awak media, Awak Media (Jurnalis/Pers) jarang diberitahukannya agenda – agenda kegiatan Gugus Tugas Kota Metro terkait (Dalam penanganan, pencegahan, sosialisasi, informasi keadaan pasien dan lain – lainnya), bahkan sudah dibuat grup WA (Khusus untuk para media untuk mendapatkan informasi terkait Covid19) tetapi ya sangat disayangkan, tidak berjalan/ ada informasi yang maksimal, sehingga para Jurnalis/Pers mengeluarkan diri dari grup WA tersebut,” terangnya. (Nia)

Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here